Awas! Kelud Murka

17Okt07

Alam seperti mengingatkan. Gunung Kelud yang tinggal di perbatasan Kabupaten Kediri dan Blitar itu sudah berkali-kali mengirim gempa. Dari data seismograf yang berada di Pos Pengamatan Gunung Api, seperti yang dilansir Antara, dari pukul 06.00 sampai pukul 12.00 WIB saja sudah terjadi 37 kali gempa.

Dan kita tidak bisa berbuat apa-apa. Selain menunggu dan berdoa, amarah gunung Kelud tertahan. Kalaupun benar-benar meledak, imbasnya tidak menyisakan kisah sedih seperti pada letusan-letusan sebelumnya. Sebab, kata wikipedia, sejak abad 15 lalu gunung yang terlihat elok itu telah merenggut 15.000 nyawa manusia.

Terakhir tahun 1990, pada tanggal 10 Februari. Hari itu, 34 orang terbunuh dan ratusan tempat tinggal musnah. Betapa mengerikan kematian yang massal itu, sebuah fenomena alam yang berada di luar jangkauan tangan manusia untuk mencegahnya.

Meski berulangkali menciptakan guncangan, tak ada yang bisa memastikan apakah Kelud benar-benar akan meletus. Kata Krsitianto, Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Kelud, kepada Kantor Berita Antara, “Rekahan magma ini semakin lama semakin mendekat ke permukaan air danau kawah.” Dia melanjutkan, “Tanda-tanda akan terjadinya letusan semakin besar.”

Letusan memang tak bisa kita cegah. Jangan menyerah. Kita masih bisa bersiap-siap meminimalisir dampaknya.

Langkah yang sudah ditempuh, sejauh ini, pemerintah sudah melokalisir sekitar 3.200 warga dari enam desa di Kecamatan Ngancar, Kediri, Jawa Timur. Sayang, langkah mengungsikan warga ini tidak diikuti dengan persediaan kenyamanan bagi pengungsi. Kabar dari liputan 6 SCTV pemerintah mengabaikan perut para pengungsi. Mereka kelaparan. [baca: Pengungsi Gunung Kelud Menderita].

Tanpa bermaksud menghujat, tapi masyarakat pengungsi memang harus mendapatkan jaminan kesehatan di tempat pengungsian. Dan yang wajib memberikan jaminan itu adalah pemerintah.

Benar pemerintah bertanggung jawab. Tapi dengan kebersamaan, mari kita bersiaga, mengantisipasi kemarahan Gunung Kelud, yang bisa saja muncul setiap saat.



No Responses Yet to “Awas! Kelud Murka”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: