Pentingnya Kata

08Apr08

Pernah ndak terbayangkan betapa pentingnya kata? Kita yang normal saja, -maksudnya orang yang ndak bisu-, seringkali gagap tatkala mengungkapkan apa yang ada di kepala. Apa yang ingin kita sampaikan, seringkali tereduksi gara-gara mulut tak kompak berkoordinasi dengan otak. Betapa membuat pengertian orang, tentang pemahaman kita terhadap sesuatu, juga butuh kelihaian.

Bila kemudian ada kategori ada orang yang bisa ngomong secara meyakinkan dan orang yang terbata-bata menyampaikan sesuatu, maka sejujurnya saya termasuk golongan yang kedua. Saya adalah tipe orang yang tak mampu menyampaikan gagasan secara meyakinkan, apalagi brilian.

Misalnya begini, saya adalah penggemar Thom Yorke. Alasan saya, musik-musik Radiohead, pada umumnya atau Thom Yorke pada khususnya adalah musik dengan citarasa lain. Itu saja.

Tapi, Tempo dengan mudah dan sederhana, menggambarkan bagaimana musik Thom Yorke itu. Kira-kira begini dia bilang, dalam album In Rainbows ini, Radiohead seperti ingin melepaskan diri dari citra yang selama ini melekat. Tak terdengar lagi musik-musik eksperimental. Jangan harap Anda mendengar Thom Yorke menyanyi seperti di kebisingan lalu lintas.

Nah khan..Tempo gampang saja menggambarkan musik eksperimental ala Radiohead yang rumit dengan bahasa sederhana, seperti kebisingan lalu lintas. Dan saya menganggukkan kepala. Setuju dengan Tempo.

Atau begini, suatu hari saya ingin bilang kepada sekelompok teman-teman saya yang mahasiswa tentang pentingnya koperasi. Koperasi yang benar-benar koperasi, dari oleh dan untuk anggota. Bukan koperasi ala pemerintah. Saya kira-kira bilang begini, untuk melawan kapitalisme global, salah satu caranya adalah dengan membentuk koperasi. Koperasi bukan sekedar alat, tapi dia juga bisa menjadi semacam ideologi.

Bandingkan dengan apa yang dikatakan teman saya, Suroto. Koperasi itu kerjasama yang menekankan prinsip-prinsip keadilan bagi anggotanya. Lembaga ini adalah dari, oleh, dan untuk kita. Jadi bila ini adalah bisnis, modalnya dari kita, yang mengelola kita dan keuntungannya buat kita, semua anggota koperasi. Kalau Anda ingin belajar berdemokrasi di sinilah tempatnya, demokrasi di ruang kerja. Sekaligus pula Anda dididik tidak rakus menumpukkan modal pada segelintir orang yang selama ini diamini bahkan dianjurkan oleh kapitalisme.

Tentu saja bagus yang kedua..

Bukti terakhir saya tak mampu menyampaikan gagasan adalah tulisan ini. Saya ingin bilang pentingnya kata saja mbulet-mbulet alias mbingungi.

Tapi syukurlah, saya tidak lebih gawat ketimbang teman saya. Dia sebenarnya ingin mengatakan politisir, tapi dia berkali-kali bilang posilitir.

Mirip, tapi beda babar blas…



2 Responses to “Pentingnya Kata”

  1. 1 kw

    apalagi bagi penulis mas. pilihan kata yang membedakan dia keren atau ngga hehe 🙂

  2. 2 Juni

    lha lagi-lagi, saya termasuk yang kedua kali ya mas hehehe


Tinggalkan Balasan

